You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Festival Bunga Rawa Belong Dorong Bunga Potong Jadi Daya Tarik Wisata
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Festival Bunga Rawa Belong Dorong Bunga Potong Jadi Daya Tarik Wisata

Festival Bunga Rawa Belong kembali diselenggarakan di Pasar Bunga Rawa Belong, Jalan Sulaiman Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada 7 sampai 8 Agustus 2024.

"di Jakarta tersedia beragam jenis bunga yang dapat dijumpai,"

Festival Bunga Rawa Belong yang mengusung tema ‘Sejuta Pesona Bunga untuk Jakarta’ ini digelar dalam rangka mempromosikan Pasar Bunga Rawa Belong kepada masyarakat sebagai sentra promosi dan pemasaran bunga atau tanaman hias, sekaligus salah satu pesona wisata agro yang terdapat di wilayah DKI Jakarta.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan ini juga merupakan langkah nyata untuk menampilkan potensi kekayaan flora seperti bunga potong sebagai daya tarik wisata dan agrobisnis.

Dinas KPKP Ramaikan Agrofood Expo 2024 di JCC

“Pasar Bunga Rawa Belong juga menjadi salah satu ikon penting bagi Kota Jakarta, menjadi satu-satunya pasar bunga terbesar yang dimiliki Kota Jakarta. Kita pasti sudah familiar dengan ungkapan ‘Ingat Bunga Ingat Rawabelong’,” ujar Eli, Kamis (8/8).

Ia menyampaikan, selaras dengan tema festival tahun ini Pasar Bunga Rawa Belong hadir sebagai tempat yang selalu menyediakan berbagai macam bunga setiap harinya, mulai dari bunga-bunga lokal yang ada di Indonesia maupun bunga-bunga impor yang berasal dari mancanegara.

“Walaupun bukan sebagai daerah produsen, namun di Jakarta tersedia beragam jenis bunga yang dapat dijumpai di Pasar Bunga Rawa Belong,” ucap Eli.

Ia menjelaskan, tema bunga yang diangkat dalam Festival Bunga Rawa Belong tahun ini adalah Bunga Krisan. Secara filosofis, Bunga Krisan memiliki makna kesetiaan, persahabatan, kebahagiaan, kepercayaan, optimisme dan umur panjang.

“Selain itu, karena Bunga Krisan menjadi tren pencarian di internet dan merupakan bunga yang umum digunakan untuk rangkaian serta memiliki banyak pilihan warna menarik,” katanya.

Eli berharap Festival Bunga Rawa Belong 2024 dapat memberikan berbagai manfaat seperti, berdampak positif terhadap peningkatan jumlah pengunjung serta pemasaran bunga atau tanaman hias di Jakarta, semakin dikenalnya Pasar Rawa Belong sebagai kawasan pemasaran bunga potong/tanaman hias dan objek wisata agro guna mendukung Jakarta sebagai Kota Global dengan sejuta pesona.

“Selain itu melalui Festival Bunga Rawa Belong ini terwujud kemitraan antara Dinas KPKP DKI Jakarta dengan asosiasi bidang florikultur, Koperasi, LSM dan instansi lainnya untuk berperan aktif mengembangkan promosi dan pemasaran hortikultura di DKI Jakarta, serta dapat meningkatkan nilai jual bunga potong di DKI Jakarta,” tandasnya.

Sebagai informasi, beragam acara dan kegiatan memeriahkan Festival Bunga Rawa Belong tahun 2024 terdiri dari, Lomba Merangkai Bunga yang akan diikuti oleh Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan, Lomba Konten Kreatif, Kursus, Talkshow, Lomba Merangkai Hand Bouquet, Lomba Mewarnai dan Melukis Tote Bag (tas jinjing) yang akan diikuti oleh pelajar SMA, SMP dan SD.

Bersamaan dengan itu, ada kegiatan Launching Kartu Pedagang Bank DKI dan Launching Aplikasi Rawabelong Online (Rabelo) hasil kolaborasi dengan Binus University.

Acara lainnya yaitu Pemberian Bunga Gratis untuk penduduk DKI Jakarta yang memiliki nama yang berhubungan dengan bunga (Bunga, Mawar, Seruni, Kris, Ros). Kemudian ada juga Flash Sale 24 persen untuk bunga mawar dan krisan di kios yang sudah setuju mengikuti program ini pada jam tertentu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2108 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1764 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1346 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1314 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Peringkat Pertama Penghargaan Anindhita Wistara Data BPS

    access_time26-09-2024 remove_red_eye975 personFolmer